Tips Menghemat Baterai HP dan Mencegah Pulsa Terpotong Sendiri di Ponsel Android

Kamis, 30 Desember 2010

Tips Menghemat Baterai HP dan Mencegah Pulsa Terpotong Sendiri di Ponsel Android

Platinum-Pulsa---Smartphone berbasis operating system Android memang sudah tidak diragukan lagi baik itu dari segi fitur, kemampuannya maupun dukungan berbagai macam jenis aplikasi canggih terhadap OS Handphone open source tangguh ini (Android). Tetapi dibalik itu semua hal canggih pastilah masih ada celah kekurangannya.

Berbekal dari komentar pengunjung di artikel Android Samsung Galaxy Mini S5570 Harga Rp 1,6 Juta Spesifikasi, Fitur dan Kelebihannya. dimana salah satu komentar member pernyataan dan pertanyaan seperti:

“kelemahan TERBESAR handphone2 android adalah BATREI nya yg super boros…
dalam keadaan standby cuma bisa bertahan 12 jam, kalo di pake buat GPS, WIFI, TWITTERAN, FACEBOOKAN, CHATTINGAN DLL. cuma bisa bertahan 3 JAM'an”
“Tolong kasih tau dong biar pulsa ga cepet habis klo kita g beli paket unlimited?
Masalahnya pulsa sering hilang tak berbekas padahal tidak sedang OL.
Makasih.”

Untuk itu artikel ini sengaja saya publish untuk membantu rekan dalam kiat untuk menghemat baterai serta mencegah aplikasi terpotong/hilang tak berbekas padahal anda tidak sedang online.

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android
1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi.
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.

Untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Android, anda bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti ‘Advanced Task Killer’ untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin ‘dibunuh’.

Selain itu, ada aplikasi lain bernama ‘Battery dry to Save Battery’. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.

2. Mengurangi kecerahan layar
masuk ke menu ‘setting’, lalu pilih ‘display, setelah atur kontras warna dan rasio kecerahaan.

3. Matikan live wallpaper
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai. ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.

4. Mobile Network
Ponsel Android sudah tidak perlu di ragukan lagu kemampuan mengagumkannya untuk menjelajah dunia maya. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.

Tips Menghemat/Mencegah Pulsa Terpotong dengan sendirinya di Ponsel Android
Seperti telah diterangkan diatas (poin 4. Mobile Network) bahwa Ponsel Android memiliki kemampuan menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tetapi tahukah anda, bahwa fungsi fitur ini akan selalu membuat Ponsel Android anda akan selalu mencoba terhubung dengan Internet meskiput anda tidak dalam keadaan online, jadi jika tidak dalam keadaan membutuhkan koneksi internet sebaiknya fitur ini dimatikan untuk mencegah pulsa terpotong dengan sendirinya tanpa bekas.

Cara Mematikan Auto Connect untuk Wifi Ponsel Android

Masuk ke dalam Menu Setting > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi atau
Menu Setting > Wireless & Network > Mobile Network kemudian pilih fungsi off.

Demikian Tips Menghemat Baterai HP dan Mencegah Pulsa Terpotong Sendiri di Ponsel Android, semoga bermanfaat terimakasih.



10.06

0 komentar:

Posting Komentar