TIPS CARA MENINGKATKAN DAN MENGOPTIMALKAN KINERJA ANDROID

Minggu, 15 November 2015

Sahabat Platinum-Pulsa, Sekarang  perkembangan selular sudah semakin pesat, ini ditandai juga tersedianya Hanpone selullar berbasis Android yang engga usah ditanya lagi kehebatan dan keungglannya dibanding HP biasa. Tetapi seperti kata-kata Bajak; "tidak ada yang sempurna di dunia ini", itu betul, terkait dengan perkembangan HP Android yang memiliki banyak kelebihan, ternyata juga terdapat kekurangan. Banyak masalah yang terjadi ketika kita mengoprasikannya, kesalahan ini mungkin karena kualitasnya atau karena ketika mampuan kita sebagai user dalam memahami dan menggali standar kinerja teknologi tingkat tinggi ini.  Nah untuk mengurangi dan menghindari kesalahan dan error ini, Tips dan cara Meningkatkan serta mengoptimalkan Kinerja Android kamu yang mungkin sering terjadi over hank, maka dapat dilakukan tips atau cara berikut ini: 


1. Kenali Gadget Android mu
Tips Meningkatkan Kinerja Android yang pertama adalah dengan cara mengenali gadget androidmu terlebih dahulu. Ada baiknya kamu mengenal ponsel / tablet androidmu. Terutama bagian prosessor dan RAM. Jangan paksakan gadgetmu untuk melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan terutama jika Prosessor dan RAM nya kecil. Contoh, ponsel android dual-core + RAM 512MB jangan paksakan diinstal Launcher yang berat seperti Buzz Launcher, BBM, WhatsApp, Facebook, twitter, Line, kakao talk, wechat, instagram, path dan lain-lain dalam waktu bersamaan. Bijaklah dalam memilih aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Hapus (Uninstall) / Nonaktifkan Aplikasi yang jarang dipakai
Setiap aplikasi yang kamu install memakan ruang penyimpanan dan menggunakan RAM untuk proses di belakang layar. Semakin banyak RAM yang digunakan dibelakang layar akan memperlambat kinerja ponsel android. Simpan aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan dan hapus(uninstall) atau nonaktifkan aplikasi yang kurang berguna.
untuk menjalankan Tips Meningkatkan Kinerja Android yang ini tinggal Masuk ke Setelan (Settings) > Apl (app)> Semua (All)> lalu sentuh aplikasi yang kurang berguna. lalu pilih Copot Pemasangan (Uninstall) atau Nonaktifkan

3. Gunakan kartu memori kecepatan tinggi dan berkualitas baik.
tips meningkatkan kinerja androidKartu memori digunakan untuk menyimpan data aplikasi yang diinstall dan data lainnya. Ponsel dengan kapasitas memori internal yang kecil akan terbantu dengan kartu memori kapasitas besar apalagi didukung oleh kecepatan tulis yang tinggi. Usakan untuk menggunakan kartu memori Class 10 atau minimal Class 6 untuk performa terbaik ponsel / tablet Android mu.

4. Kurangi penggunaan Widget
Widget bukanlah aplikasi, yang artinya Widget hanya akan berjalan jika kamu memilih untuk menggunakannya. Setelah kamu memilih mengaktifkan Widget maka Widget tersebut akan terus dan selalu berjalan di latar. Dengan terus berjalannya Widget sepanjang waktu, otomatis akan memakan RAM dan mengkonsumsi baterai tersebut menerus. Hal ini akan mengurangi kinerja Gadget Android serta menguras baterai lebih cepat. Apalagi Widget cuaca yang secara berkala mengirim data tentang lokasi menggunakan koneksi internet yang tentu saja memakan RAM dan menguras baterai.

5. Hindari Live Wallpapers
Live wallpaper memang indah, setiap pabrik memiliki Live wallpaper unik masing-masing, tapi kamu juga harus tau kalau penggunaan Live wallpaper membuat prosesor Gadget Android mu terus bekerja, sehingga memperlambat kinerja dan menguras baterai lebih cepat.

6. Minimalkan fitur auto sinkron
Sinkronisasi memang fitur smartphone yang sangat berguna. Namun jika kita mengaktifkan fitur auto sinkron maka Gadget kita akan melakukan Sinkronisasi secara berkala. Proses ini membutuhkan koneksi internet untuk upload dan download data ke server yang pastinya membutuhkan kerja prosesor dan RAM sehingga lagi-lagi memperlambat kinerja HP/Tablet dan menguras baterai. Jika kamu memang membutuhkan Sinkronisasi untuk keperluan email maka akan lebih bijak jika kamu hanya mengaktifkan fitur auto sinkron hanya untuk email. Sedangkan data lain bisa kamu sinkronkan hanya jika kamu benar-benar membutuhkannya.


7. Matikan animasi yang Tidak perlu
Tips meingkatkan kinerja android yang terakhir adalah mematikan animasi. Jika kamu perhatikan, setiap kamu berganti halaman akan ada efek yang menyertai pergantian halaman Gadget kamu, baik itu di homescreen atau di drawer. Untuk mematikan efek pergantian halaman tersebut, kamu bisa menonaktifkannya di Setelan (setting)> Opsi Pengembang (Developer Options) > Skala Animasi Jendela (Windows Animation Scale) > animation scale 10x. Lalu rubah animation scale 10x ke “matikan” atau pilih pilhan yang plaing kecil.

Demikian sahabat platinum Pulsa, Tips dan cara Meningkatkan serta mengoptimalkan Kinerja Android kamu, semoga bermanfaat, terimakasih.



20.25

0 komentar:

Posting Komentar