CARA MEWASPADAI PENIPUAN MELALUI HP DAN SMARTPHONE

Platinum Pulsa---Maraknya kasus-kasus penipuan dengan menggunakan Hanpone dan selular yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak betanggung jawab harus kita waspadai, agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan. Pelaku penipuan dengan menggunakan Handpone ini menjalankan aksinya dengan modus yang sangat canggih, menggunakan metode yang terkoordinasi baik dengan SMS maupun Telepone langsung ke Nomor calon korban. Adapun Modul yang dilakukan para penipu ini, seperti yang pernah penulis alami bersama teman-teman di Ponsel, bentuk penipuan dengan menggunakan HP dan Smartphone ini bisa seperti berikut ini:

1. Penipuan Undian berhadiah
Inilah yang sering terjadi, modus penipuan dengan cara mengirimkan pesan SMS atau Telepone kepada si Korban yang mendapatkan undian berhadiah, baik berupa uang tunai hingga jutaan rupiah, barang mewah seperti mobil,sepeda motor, Hanpone dll. Penipu biasanya dalam sms memberikan nomor untuk dihubungi dan begitu terjadi kontak, sangkorban akan digiring untuk mengirim sejumlah uang baik untuk Pajak ataupun aktivasi hadiah dan pembayaran bea cukai tertentu. Tentu saja ini hanya akal-akalan penipu saja, uang dikirim si korban, hadiah tidak kunjung datang.

2. Penipuan SMS Palsu Keluarga Korban Kecelakaan
Kami pernah mengalami hal ini, tiba-tiba saja ada SMS dan telepone yang mengatakan Anak  dan Istri kami masuk rumah sakit karena kecelakaan, dan penelpon mengaku dari pihak rumah sakit yang meminta untuk mengirim sejumlah uang untuk biaya operasi segera, kalo tidak nyawa anak dan isteri kami tidak tertolong lagi. Kami hanya tertawa karena nyatanya anak dan istri kami ada dirumah...benar-benar gile si mas bro penipu ini..heheh.

3. Penipuan SMS dari lembaga pemerintah 
Nah modus penipu ini juga hebat...seperti yang pernah di alami rekan kami yang kebetulan bekerja sebagai PNS. Dia mendapatkan SMS yang mengatakan akan mendapatkan bantuan Dana untuk lembaga dari Dirjend tertentu, yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung ratusan juta rupiah. Tetapi aneh memang, sekali lagi calon korban di minta harus mengirim sejumlah uang yang katanya sebagai uang pangkal yang disebut untuk urusan administrasi sekian juta rupiah.. tentu saja enggak lah yaww...

4. Penipuan Telepon dari Aparat Kepolisian dan TNI
Metode menipu yang satu ini sangat aje gile menurut admint, karena caranya langsung maen gertak, telepon yang katanya dari aparat kepolisian atau TNI, sang penipu langsung mengaku-ngaku dari bejabat Polisi yang berteman dengan teman korban, yang ujung-ujungnya minta kirimkan uang atau minta isikan pulsa.

5. Penipuan Telepon dari Penjara
Nah ini pernah juga admin alami, tiba-tiba seseorang menelpon sambil menangis-nangis memanggil-manggil yang katanya kurang lebih begini :"Bapak tolongi aku, aku ingin pulang, cepat kesini !!" dan suara ditelpon berganti dengan suara seorang yang mengaku polisi yang katanya telah menangkap anak kami." kenyataannya anak kami baik-baik saja di sekolah..yah lagi-lagi ujung-ujungnya Polisi2an penipu ini minta kirimin sejumlah uang yang katanya untuk damai dan membebaskan anak kami...walah Pak Polisi penipu..anak siapa tuh?  

6. Penipuan dengan Hipnotise melalui suara dari Telepone HP
Penulis memang jarang mendengarnya tetapi benar pernah terjadi, ini di alami teman kami sendiri, Uang di ATMnya habis terkuras karena mengirimkan kesebuah rekening tanpa ia sadari. Ketika menerima sebuah telepone dari orang tak dikenal, dia seperti hilang kesadaran, mau saja digiring kemesin ATM terdekat untuk mentransfer uang kepada orang tak dikenal tersebut. dan teman kami ini baru sadar ketika orang tersebut telah menutup teleponya.

7 . Penipuan Panggilan Piknik atau Wisata Gratis
Lewat SMS memang sering juga kita diberikan kesempatan Piknik dan Wisata gratis dan travel anu dengan diskon 100% dan kita hanya mengirimkan biodata kepada penelpon, tetapi buntutnya kita diminta mengirim juga uang untuk dana talangan sementara tiket pesawat yang nantinya akan digantikan begitu tiba di tempat wisata, dan mereka mengirimkan nomor seri tiketnya..hedeh wisata kemana coy..kehongkong pake tiket kereta api tuh..hehe

8. Penipuan Jual beli lewat situs tertentu
Nah bagi anda yang biasa melakukan transaksi lewat situs-situs online, seyogyanya harus hati-hati, karena sudah banyak korban dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Modusnya menjual barang di situs Online dan kita di SMS atau di Telepone untuk segera mengirimkan sejumlah uang untuk membayar harga barang tersebut..tetapi yang terjadi barang tidak datang uang pun hilang atau barang datang tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan, teman-teman tentu masih ingat kasus sebuah Situs Online tertentu, yang jadi perbincangan hangat para Netizen, tentang seseorang yang membeli Smartphone lewat online tetapi jadi kecewa berat karena mendapat kiriman sabun mandi. Itu hanya salah satu contoh modus dan penipu yang mengkombinasikan antara situs jual beli dengan handpone dan smartphone ini, masih banyak lagi modus-modul lainnya.

Nah untuk menghindari diri kita dari penipuan-penipuan ini, kita memang harus waspada ada beberapa cara untuk mewaspadai penipuan melalui Hp dan smartphone ini :
  1. Waspada dan jangan langsung percaya dengan informasi dari orang asing menelpon atau mengirim sms kepada kita.
  2. Cek kepada yang berwenang jika informasi yang meragukan tersebut, misalnya jika mendapat undian dari Telkomsel maka segera hubungi no resmi atau gripari resmi telkomselnya.
  3. Bicaralah tegas dengan para penipu ini, jangan kalah gertak, jika mereka mengaku Kapten bilang saja bapak anda Panglima Jendral..heheh
  4. Jika anda menerima telpone dari orang yang meragukan dan mencurigakan sebaiknya ada orang lain disamping anda baik istri, suami atau saudara yang dipercaya untuk mengingatkan anda bahwa itu tidak masuk akal.
  5. Bikin sandi Kartu ATM anda yang rumit, dan ganti secara berkala agar anda hanya mengingat nomor tersebut ketika benar-benar sadar.
  6. Berpikiran logis dan sadar untuk mencermati hal tersebut masuk akal atau tidak, iming-iming dari penipu biasanya memiliki celah keanehan jika kita cermati dengan betul dan dipikirkan secara logika.
  7. Dari sekarang tanamkan pada diri kita, jangan sembarangan mengirimkan uang tanpa ada bukti dan alasan yang jelas masuk akal, lihat rekening dan nama Bank tempat kita mengirim uang. Amati jika yang menelpon laki-laki dan rekening banknya milik perempuan, rasanya aneh, atau orangnya mengaku di daerah Jakarta tetapi Bank nya ternyata KCU Cabang Medan..harusnya patut dicurigai sekali.


Demikian tentang cara mewaspadai penipuan melalui Handpone atau smartpone yang sering terjadi di masyarakat. Semoga kita terhindar dari kejahatan penipuan ini.  Mungkin ada di antara pembaca blog Platinum Pulsa yang mengalami hal serupa, atau mungkin ada yang menjadi korban dengan modus lain yang  berbeda dengan yang telah admint paparkan di atas, mohon di share di koment ini ya. supaya dapat menjadi pelajaran dan peringatan bagi yang lain agar bisa lebih waspada dengan modus penipuan ini. Terimakasih..

Diberdayakan oleh Blogger.