JENIS-JENIS DAN UKURAN KARTU SIM HP SELULAR GADGET

Minggu, 30 Oktober 2016

Platinum-Pulsa---Bagi anda pengguna handpone selular dan sejenisnya, tentunya telah mengenal dengan yang namanya kartu sim. Kartu sim merupakan perangkat terpenting agar kegiatan komunikasi dan internetan kamu berjalan lancar. Kartu sim yang menjadi pendamping setia ponsel baik yang berbasis CDMA atau pun GSM. Ponsel selullar yang tanpa kartu sim ibarat mobil tanpa bahan bakar, tidak akan berjalan sesuai tujuannya. Nah tujuan kita menggunakan ponsel untuk komunikasi atau sekedar browsing di Internet tidak dapat kita lakukan jika tidak menggunakan kartu sim yang masih aktif dan ada pulsa serta kuota tentunya..he he..
Kartu GSM-CDMA, Kartu SIM HP, Kartu perdana
Jenis-jenis Kartu SIM
Sejak pertama kali diperkenalkan dan digunakan hingga sekarang, ukuran kartu SIM telah mengalami beberapa kali perubahan. Anda perlu mengetahuinya, minimal supaya tidak bingung dengan istilah yang digunakan pada masing-masing jenis kartu SIM tersebut. Berikut ini beberapa jenis kartu SIM dan istilah-istilah yang digunakannya;

1. Full-size SIM Card
Full-size SIM Card ini adalah ukuran kartu SIM generasi pertama. Panjang dan lebarnya setara dengan kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau kartu KTP. Sebagian besar ponsel yang beredar di Indonesia pada pertengahan tahun 1990'an menggunakan full-size SIM Card. Misalnya, Nokia 2010 dan Motorola 8200.

2. Mini SIM card       
Mini SIM card Sampai sekarang masih menjadi ukuran kartu SIM yang paling populer. Mayoritas handpone android atau gadget yang kini beredar di pasaran di Indonesia menggunakan mini SIM. Karena ukuran ini sangat lazim digunakan, sebagian pengguna ponsel bahkan tak mengetahui kalau dulu pernah ada ponsel yang memakai kartu SIM berukuran lebih besar. Ketika di lembaran spesifikasi disebutkan suatu ponsel menggunakan mini SIM, Anda tidak perlu bingung lagi. Sebab, mini SIM itu yang kartu SIM berukuran normal pada saat ini.

3. Micro SIM card
Micro SIM card Berukuran lebih kecil daripada mini SIM card. Bayangkan saja kartu mini SIM dipotong sebagian.  Sisakan sedikit bingkai di sekeliling chip atau konektor logam. Ponsel yang paling pertama memakai micro SIM adalah iPhone 4. Berikut, ada bermacam-macam tipe gedget dan android yang menggunakan micro SIM. Di antaranya, Nokia N9, Lumia 710, Lumia 800, Apple iPad generasi pertama sampai keempat, Sony Xperia S, HTC One H, Samsung Galaxi Note II serta samsung seri N lainnya, dan LG Nexus 4. Serta beberapa HP China berbasis Adroid terbaru lainnya.

4. Nano SIM card  
Dalam perkembangan selanjutnya kartu SIM semakin kecil lagi dengan Nano SIM card,  Saat ini Nano SIM card merupakan ukuran terkecil kartu SIM. Mudahnya, ibarat kartu SIM digunting sampai tersisa chip atau konektor logamnya. Standar ukuran ini mulai dipakai di Apple iPhone 5, lalu diadopsi pula oleh iPad mini hingga gedget dan android generasi terbaru.

Demikian jenis-jenis dan ukuran kartu SIM HP selular gedget dan android terbaru, semoga bermanfaat, terimakasih.



13.24

0 komentar:

Posting Komentar